Sajian Lezat Soto Betawi Haji Husein, Kuliner Legendaris di Jakarta

Jika saat ini kamu sedang berada di kawasan Manggarai, jangan lupa mampir ke Rumah Makan Soto Betawi Haji Husein. Rumah makan ini menyajikan hidangan khas Betawi yang rasanya ‘Endes Banget’.

Soto Betawi yang berdiri tahun 1988 ini, menjadi salah satu kuliner legendaris di Jakarta. Penggemarnya sangat banyak, dan sudah turun temurun.

Apabila dilihat dari jalan raya, kedai soto yang terletak di Jalan Padang Panjang ini tampak biasa saja. Kesederhanaannya mirip warteg. Jauh dari kata mewah.

Tampilan bangunannya tidak istimewa. Hanya bentangan spanduk sebagai penanda kalau tempat ini adalah kedai soto.

Namun siapa sangka, ketika melongok ke dalam, meja makan penuh dengan pelanggan. Bagi yang tidak kebagian tempat duduk, harus rela antri. Demi semangkuk soto super lezat ini.

Soto Haji Husein termasuk ‘penganut’ aliran kuah kuning. Kuahnya mengandung susu sehingga menghasilkan citarasa gurih dan sedap. Kualitas rasanya tetap dijaga hingga sekarang. Tak heran bila soto ini selalu diburu pecinta kuliner, khususnya penggemar masakan berkuah segar.

 

Sajian Lezat Soto Betawi Haji Husein, Kuliner Legendaris di Jakarta
Foto: Putra Gautama

 

Baca juga: Kuliner Legendaris Pempek Megaria Cikini: Menu, Harga dan Alamat

 

Menu dan Harga

Ada dua jenis Soto Betawi yang ditawarkan Warung Haji Husein, yaitu soto daging dan soto campur. Soto daging berisi potongan daging saja, sedangkan soto campur kombinasi antara potongan daging sapi dan jeroan, seperti babat, paru dan lainnya.

Meskipun memiliki rasa yang enak, harga yang dibandrol masih ramah di kantong. Tak berlebihan jika warung soto ini selalu diserbu pembeli, khususnya di jam makan siang.

 

 

Sajian Lezat Soto Betawi Haji Husein, Kuliner Legendaris di Jakarta
Foto: Dipa Samudra

 

Lezatnya Soto Betawi Haji Husein

Rasanya tidak berlebihan jika memberikan label kuliner legendaris kepada Soto Betawi Haji Husein. Pengunjungnya selalu membludak, apalagi di akhir pekan.

Seandainya kamu memiliki rencana menyambangi Warung Haji Husein pada akhir pekan, usahakan datang lebih awal, ketika warung baru buka. Kamu bisa memilih tempat duduk dengan leluasa.

Menjelang siang, semua meja akan terisi penuh. Pengunjung yang terpaksa antri, tidak segan-segan menunggu di samping meja. Kondisi seperti ini tentu saja akan mengurangi kenyamanan pelanggan yang sedang bersantap. Dan sedikit memaksa untuk segera beranjak setelah selesai makan.

Sistem pemesanan soto cukup sederhana. Tidak ada pelayan yang mendatangi meja. Pemesanan dilakukan di depan, di tempat dimana pelayan meracik soto.

Sekitar 30 menit setelah pemesanan, Soto Betawi tersaji di meja siap disantap. Kuahnya yang berwarna kuning lengkap dengan taburan bawang goreng dan daun bawang, menguarkan aroma yang menggoda selera.

Ketika suapan pertama singgah di mulut, kuahnya terasa gurih dan cenderung manis. Ternyata, rasa gurih tersebut berasal dari campuran santan dan susu. Tekstur dagingnya empuk dan seratnya mudah dipisah.

Untuk memperkaya rasa, pengunjung dapat menambah kecap, sambal, acar dan potongan jeruk nipis.

 

Sajian Lezat Soto Betawi Haji Husein, Kuliner Legendaris di Jakarta

 

Lokasi dan Jam Operasional

Tidak sulit mencari Kedai Soto Haji Husein. Letaknya persis di pinggir jalan raya, yaitu di Jalan Padang Panjang No.6C, Manggarai, Jakarta Selatan.

Ketika tulisan ini dimuat, Warung Soto Haji Husein hanya melayani pembelian langsung, belum menyediakan layanan secara online, seperti Go Food ataupun Grab Food.

Untuk jam operasionalnya, kedai Haji Husein buka mulai pukul 07.00 hingga 14.00 WIB. Meski begitu, tidak sedikit pengunjung yang tidak kebagian soto karena datang terlalu siang. Oiya, Soto Betawi Haji Husein setiap hari Jumat libur. Jangan sampai kecele ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *