Curug Cipamingkis Bogor, Wisata Akhir Pekan yang Menyegarkan

Curug Cipamingkis Bogor, Wisata Akhir Pekan yang Menyegarkan
Foto: Google.Maps/Yusuf Roni

 

Bagi sebagian besar wisatawan, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, belum bisa dijadikan tujuan utama untuk menghabiskan waktu liburan. Anggapan itu cukup beralasan karena Sukamakmur memang tidak setenar wilayah-wilayah lain, khususnya untuk urusan destinasi wisata. Namun, siapa sangka wilayah yang berada di ujung Kabupaten Bogor ini ternyata menyimpan objek wisata yang patut diperhitungkan.

Salah satu tempat wisata yang tengah naik daun di Sukamakmur adalah Curug Cipamingkis. Sebuah tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan air terjun yang indah. Curug Cipamingkis Bogor layak direkomendasikan sebagai alternatif tujuan wisata akhir pekan karena sudah dikelola dengan baik. Lagipula, tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai sehingga wisatawan merasa lebih nyaman ketika menikmati alam sekitar air terjun.

 

Lokasi, Harga Tiket dan Jam Operasional

Alamat: Jl. Puncak Dua, Jonggol, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Harga tiket: Rp 35.000 (hari biasa), Rp 40.000 (akhir pekan/hari libur).

Jam operasional: Pukul 07.00 – 16.00 WIB.

 

Baca juga: Lembang Wonderland: Menyaksikan Indahnya Dunia Penuh Keajaiban

 

Curug Cipamingkis Bogor, Wisata Akhir Pekan yang Menyegarkan
Foto: Google.Maps/Anton Siahaan

 

Rute Menuju Curug Cipamingkis Bogor

Perlu kalian ketahui bahwa kondisi jalan ke arah air terjun Cipamingkis cukup bagus. Akan tetapi jalur yang akan dilalui tidak dominan lurus dan rata. Kalian akan banyak menjumpai kondisi jalanan dengan tanjakan dan turunan ekstrim, serta belokan tajam.

Itu artinya, apapun jenis kendaraan yang digunakan, baik sepeda motor maupun mobil, harus dalam kondisi prima. Jangan sampai kesenangan yang hendak kalian nikmati berubah menjadi malapetaka, hanya karena kendaraan nggak kuat nanjak atau mogok di jalan.

Adapun untuk rute menuju Curug Cipamingkis, wisatawan yang berasal dari Jabodetabek bisa melalui Citeureup. Dari Citeureup, perjalanan diarahkan ke Sukamakmur melalui Jalan Cibadak-Sukamakmur. Setelah itu, kalian akan menjumpai pertigaan Pasar Sukamakmur, lalu belokkan kendaraan ke kiri. Ikuti terus Jl. Desa Sukamakmur, Jl. Kb. Nanas, Jl. Kp. Ciherang, serta Jl. Puncak Dua.

 

Daya Tarik Curug Cipamingkis

Bisa ditebak, bahwa daya tarik utama wisata Curug Cipamingkis terletak pada air terjunnya. Lokasi air terjun berada di kawasan Perhutani, dan total lahan yang dimanfaatkan untuk keperluan wisata sekitar 16,5 hektar. Air terjun Cipamingkis berasal dari pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua.

Dulunya, area sekitar air terjun merupakan kawasan pembudidayaan pohon pinus. Maka tidak mengherankan bila air terjun Cipamingkis dan aliran sungainya begitu adem karena dipayungi pepohonan pinus yang lebat.

Debit air terjun tidak begitu besar, oleh karenanya pengunjung dengan aman dapat bermain air atau mandi, tanpa perlu khawatir badan seperti tersengat oleh hujaman air yang menyentuh kulit. Ditambah lagi dengan airnya yang jernih dan sejuk alami, membuat pengunjung tidak bisa menahan diri untuk merasakan kesegarannya.

 

Curug Cipamingkis Bogor, Wisata Akhir Pekan yang Menyegarkan
Foto: Google.Maps/Galaxy Channel

 

Meskipun demikian, air terjun bukanlah satu-satunya daya pikat yang dimiliki objek wisata Curug Cipamingkis. Seperti diketahui bahwa letak Curug Cipamingkis berada di kawasan dataran tinggi, oleh karenanya pemandangan yang ada di curug sangat asri dan alami.

Kelebihan alam pegunungan tersebut dimanfaatkan betul oleh pihak pengelola untuk dijadikan nilai tambah bagi wisata ini. Salah satunya dengan membuat beberapa spot foto menarik. Keberadaan tempat ini menjadi solusi bagi pengunjung yang suka berfoto dengan latar belakang alam yang instagramable.

Tidak hanya itu, wahana bermain serta fasilitas untuk menunjang kenyamanan wisatawan juga tidak luput dari perhatian pengelola. Terdapat kolam renang, jembatan tali yang terhubung dari satu pohon ke pohon lain dan lain-lain.

Apabila alam Curug Cipamingkis ini terlalu memesona dan membikin pengunjung enggan beranjak pulang. Tenang, tersedia penginapan yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Jenis penginapan yang ada di dalam lokasi wisata juga bervariasi, mulai dari villa, pondokan, glamping hingga tenda.

Oleh karenanya, selain untuk rekreasi, Curug Cipamingkis Bogor ini juga cocok untuk event korporasi dan keluarga, seperti capacity building atau family gathering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *