Agrowisata Bhumi Merapi: Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi

AGROWISATA BHUMI MERAPI, YOGYAKARTA – Mengeksplorasi tempat-tempat wisata di Sleman, Yogyakarta, seakan tidak ada habisnya. Hal ini lantaran sebagian wilayah Kabupaten Sleman berada di kaki Gunung Merapi.

Obyek wisata alam di kaki gunung paling aktif di Indonesia tersebut memang begitu melimpah. Salah satu tempat yang diminati wisatawan adalah Agrowisata Bhumi Merapi.

Bhumi Merapi berlokasi di daerah Kaliurang dengan menempati lahan seluas 5,2 hektar. Sesuai dengan namanya konsep yang dibangun berupa wisata edukasi dengan menggabungkan rekreasi pertanian, perkebunan dan peternakan.

Jadi, selain bisa berlibur, pengunjung juga akan mendapatkan banyak pengetahuan baru. Berlibur model seperti ini cocok untuk wisata keluarga, khususnya buat anak-anak.

Daya tarik lainnya yang disukai wisatawan adalah karena lokasinya berada di kawasan pegunungan. Udara di Bhumi Merapi sangat bersih dan sejuk. Membuat badan terasa segar ketika menghirup dalam-dalam.

Tidak ketinggalan spot-spot yang instagramable siap menemani keceriaan wisatawan. Dengan adanya spot foto yang kece tersebut, membuat tempat ini juga menjadi pilihan tepat bagi muda-mudi.

 

Agrowisata Bhumi Merapi: Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi
Foto: Bagas Bege

 

Harga Tiket

Untuk dapat merasakan keelokan Bhumi Merapi, pengunjung akan dikenakan tiket sebesar Rp 25.000. Dengan harga tiket tersebut, wisatawan sudah bisa menikmati beberapa wahana yang ditentukan.

Namun, untuk beberapa aktivitas tertentu wisatawan akan dikenakan biaya tambahan, seperti memberi dot susu ke anak kambing. Dan berikut ini rinciannya:

 

AKTIVITAS BIAYA
Memberi makan rusa Rp 5.000
Foto dengan rusa Rp 10.000
Memberi makan kelinci Rp 5.000
Memberi makan burung merpati Rp 5.000
Berkuda sekali putaran Rp 20.000
Memberi dot susu anak kambing Rp 5.000

 

BACA JUGA: HeHa Sky View Gunung Kidul: Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi

 

Fasilitas Agrowisata Bhumi Merapi

Fasilitas yang disediakan pengelola wisata cukup memadai. Tentu saja kondisi ini membuat wisatawan merasa nyaman selama menghabiskan waktu di Bhumi Merapi.

Tersedia area parkir yang luas, toilet bersih serta mushola yang nyaman digunakan. Kamu pun tidak perlu khawatir perut keroncongan, karena agrowisata ini dilengkapi dengan warung makan dengan menu-menu yang mengundang selera.

Selain itu, Bhumi Merapi juga memberikan fasilitas berupa gazebo, tempat duduk, spot foto menarik, taman bunga, wisata goa dan lain sebagainya.

 

Agrowisata Bhumi Merapi: Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi
Foto: Naafilah Satri Swarist

 

Daya Tarik Agrowisata Bhumi Merapi

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan. Terutama yang berkaitan dengan dunia pertanian, perkebunan dan peternakan.

Kamu penasaran dengan keseruan di Bhumi Merapi? Simak ulasannya berikut ini.

Merawat Hewan Ternak. Di area ini pengunjung akan merasakan bagaimana memelihara hewan ternak secara langsung. Hewan yang disediakan antara lain kambing dan kelinci. Dan jenis kambingnya adalah kambing Etawa.

Aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung adalah memerah susu kambing, memberi dot susu kepada anak kambing, membuat yogurt dan es krim dengan bahan susu kambing, membuat pakan kambing serta pengolahan kotoran menjadi pupuk organik dan biogas.

Adapun jenis kelincinya adalah kelinci hias dan kelinci pedaging. Dan pengunjung dapat memberi kelinci serta berinteraksi langsung.

Selain kambing dan kelinci, masih ada beberapa binatang yang bisa menjadi media edukasi seperti kura-kura, bebek, burung, reptil dan lainnya.

 

Field Trip. Karena berkonsep agrowisata, Bhumi Merapi cocok sekali dijadikan wisata edukasi bagi anak sekolah. Mereka dapat berlibur sekaligus belajar mencintai alam dan mendapatkan pengetahuan baru.

Anak-anak dapat bercocok tanam dan memelihara hewan ternak. Juga melakukan permainan outbound yang seru dengan berkelompok.

 

Agrowisata Bhumi Merapi: Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi
Foto: Novi Siti Fathonah

 

Spot Foto. Untuk melengkapi kegembiraan selama berwisata, pengelola wisata telah menyediakan spot selfie yang instagramable. Diantaranya taman bunga, rumah hobbit dan gazebo.

Dan yang paling menarik yakni spot foto bertema suasana pedesaan Swiss dan Santorini, Yunani. Di area ini terdapat replika bangunan yang membuat kamu serasa sedang di eropa.

 

Lokasi dan Jam Operasional

Agro Wisata Bhumi Merapi beralamat di Jalan Kaliurang KM. 20, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Obyek wisata ini buka setiap hari, mulai pukul 08.30 sampai 17.00 WIB.

Sekedar saran, jika ingin mendapatkan suasana tenang sebaiknya hindari berkunjung pada waktu musim liburan. Karena pada saat itu akan banyak kerumunan, ramai dan bising yang pastinya akan mengurangi kenyamanan.

Dan waktu terbaik adalah pagi hari. Udara lebih sejuk, segar dan masih sepi pengunjung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *