Waduk Penjalin Brebes, Spot Kece dengan Panorama yang Apik

Waduk Penjalin Brebes, Spot Kece dengan Panorama yang Apik

Waduk Penjalin Brebes merupakan sebuah waduk yang dibangun untuk membendung hulu Sungai Pemali. Luas waduk ini mencapai 1,25 kilometer persegi.

Selain itu, Waduk Penjalin ini memiliki panorama yang mengagumkan. Sopt-spot selfie dengan latar belakang pemandangan yang instagramable ini bikin penasaran netizen yang hobi eksis di media sosial.

 

Daya Tarik

Waduk Penjalin dibangun pada tahun 1930 dan salah satu peninggalan pemerintahan kolonial Belanda di wilayah Brebes. Hingga sekarang, waduk ini masih dimanfaatkan untuk menyuplai irigasi Sungai Pemali bawah dan area persawahan.

Disamping mempunyai peran vital, lokasi Waduk Penjalin ternyata menyuguhkan panorama yang apik dan menjadi destinasi warga Bumiayu, Ajibarang dan sekitarnya. Pada akhir pekan obyek wisata ini menjadi alternatif rekreasi keluarga.

Area waduk dipercantik dengan spot foto yang kece. Salah satu lokasi yang berhasil menarik perhatian adalah tangga pelangi. Spot ini memiliki anak tangga warna-warni yang menyegarkan pandangan. Tangga ini terinspirasi dari Tangga Pelangi di Purbalingga.

Selain itu, ada selfie deck yang berbentuk hati, ayunan di atas air, kursi di atas air, bunga sakura buatan hingga jamur raksasa. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menyewa perahu untuk berkeliling waduk.

Merasakan angin sepoi-sepoi di tengah waduk dan menyaksikan segala pesonanya tentu sangat mengasyikkan. Untuk sewa perahu, pengunjung hanya membayar Rp 10.000 saja.

 

Lokasi

Waduk Penjalin berada di┬áDesa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Lokasinya mudah dijangkau karena letaknya yang tak jauh dari jalan utama Purwokerto – Tegal.

 

Fasilitas

Untuk membuat nyaman pengunjung, pengelola wisata telah menyediakan fasilitas yang memadai. Seperti area parkir, tempat istirahat, toilet hingga kedai makan dengan menu-menu yang lezat.

Telur asin khas Brebes bisa kamu santap di kedai tersebut. Ada kuliner lokal yang tak boleh kamu lewatkan, seperti ikan betutu, sate blengon, kupat glabed dan nasi lengko.

Secara berkala, pengelola membersihkan area wisata dan mengadakan penghijaun dengan menanam pohon di sekitar lokasi wisata.

Waduk Penjalin Brebes, Spot Kece dengan Panorama yang Apik

Baca juga: Pemandian Air Panas Tirta Husada, Segar dan Menyehatkan Badan

Lokasi: Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Jam operasional: 24 jam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *