Wisata Umbul Ponggok Klaten: Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi

Wisata Umbul Ponggok Klaten: Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi
Foto: Eki Sapta

 

UMBUL PONGGOK KLATEN, JAWA TENGAH – Buat kamu yang menyukai wisata air, tempat rekreasi yang satu ini wajib kamu coba, namanya Umbul Ponggok. Jika pada umumnya wisata air menyajikan kolam air dan wahana seluncuran saja, maka Umbul Ponggok ini hadir dengan keceriaan berbeda.

Wisata Umbul Ponggok berada di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Kolam Ponggok memiliki panjang 70 meter dan lebar 40 meter.

Tempat wisata ini menjadi destinasi menarik bagi wisatawan yang berasal dari Klaten, Yogya dan Solo. Atau pengunjung dari luar daerah yang kebetulan melintasi daerah ini.

Kesejukan airnya sangat menyegarkan badan. Hal ini disebabkan Umbul Ponggok berasal dari mata air alami.

Air melimpah di kolam berasal dari mata air yang terletak di dasar kolam. Mata air ini terus menerus mengalirkan air sehingga kolam Ponggok selalu jernih.

Di dasar kolam terdapat batu-batuan, pasir dan ikan berwarna-warni berenang dengan indahnya. Keelokan bawah kolam yang mempesona membuat wisatawan tertarik untuk mengabadikannya.

Ketika menyelam kamu akan menjumpai ikan-ikan lalu lalang di sekitar kita. Warna-warni ikan begitu sedap dipandang.

Untuk memenuhi hasrat wisatawan akan aktivitas fotografi, pengelola wisata menyewakan paket foto di dalam air. Di dalam paket foto tersebut, wisatawan akan  memperoleh fasilitas kamera beserta fotografer dan properti yang diinginkan.

Properti tersebut bertujuan supaya hasil jepretan kamera lebih dramatis. Pengunjung dapat memilih properti berupa sepeda motor, laptop, meja kursi atau sepeda untuk dijadikan teman berfoto di dalam air.

 

Baca juga: Geblek Pari Nanggulan: Kuliner ‘Ndeso’ Pinggir Sawah yang Istimewa

 

Harga Tiket

Untuk bisa menikmati keceriaan di Umbul Ponggok, pengunjung hanya perlu menebus tiket dengan Rp 15.000. Cukup murah. Tapi, itu di hari biasa.

Pada saat weekend atau hari libur nasional akan ada kenaikan harga menjadi Rp 30.000.

Namun, harga tiket tersebut belum termasuk fasilitas penunjang lainnya. Wisatawan yang ingin berfoto di bawah air atau snorkeling harus membayar lagi.

Besaran biaya yang harus dikeluarkan pengunjung bervariasi, tergantung paket yang diambil.

Dengan sistem manajemen seperti ini, memang terkesan jadi lebih mahal jika wisatawan ingin mengambil paket yang berbeda-beda.

Tapi percayalah. Fasilitas yang akan didapatkan wisatawan akan mengecewakan. Pelayanannya profesional dan

 

 

Wisata Umbul Ponggok Klaten: Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi
Foto: Eko Prihayanto

 

Fasilitas Umbul Ponggok Klaten

Untuk menunjang kenyamawan wisatawan selama berkunjung, pengelola rekreasi telah menyediakan berbagai fasilitas yang memadai.

Diantaranya adalah area parkir yang luas, toilet, kamar mandi dan mushola yang nyaman. Juga tersedia gerai-gerai makanan yang menyajikan menu-menu dan camilan yang lezat. Cocok buat kamu yang tidak ingin repot membawa bekal dari rumah.

 

Wisata Umbul Ponggok Klaten: Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi
Foto: Kang Mujo

 

Lokasi dan Jam Operasional

Umbul Ponggok berlokasi di Jalan Delanggu – Polanharjo, Desa Jeblogan, Kecamatan Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.

Wisata Ponggok buka setiap hari, mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *