Sangat Laris, Tempe Mendoan di Jogja ini Habis dalam Waktu 3 Jam

Sangat Laris, Tempe Mendoan di Jogja ini Habis dalam Waktu 3 Jam

 

Tempe mendoan, kuliner yang berasal dari Banyumas ini memiliki penggemar yang tersebar di daerah-daerah lain. Di Jogja sendiri, misalnya, menu makanan ini mudah sekali didapat. Tempe Mendoan di Jogja bisa kamu nikmati salah satunya di Jalan Jambon, Sinduadi Sleman.

Penikmat tempe mendoan biasanya berasal dari Banyumas dan sekitarnya atau yang pernah tinggal di sana. Maka tak heran, menyantap kudapan ini dijadikan pelepas rasa kangen kepada kampung halaman.

Sangat Laris, Tempe Mendoan di Jogja ini Habis dalam Waktu 3 Jam
Potongan daun selederi untuk campuran adonan tepung

Mudin, penjual mendoan, mengaku baru beberapa minggu memulai jualan. Sebelumnya, ia berjualan di kampung halamannya di Cilacap. Mudin nekad hijrah ke Jogja untuk memulai peruntungannya.

Keputusan Mudin untuk hijrah ternyata tepat. Ia membuka daganannya mulai pukul 3 sore, dan dagangannya ludes sebelum magrib.

Untuk mempertahankan kualitas, bahan baku tempe ia datangkan langsung dari Cilacap. Dalam sekali jualan, ia sanggup menjual 25 bungkus, dalam 1 bungkus berisi 3 buah tempe.

Baca juga: Lezatnya Rempah Nusantara di Saung Dulang Pondok Labu

Sangat Laris, Tempe Mendoan di Jogja ini Habis dalam Waktu 3 Jam
Tempe mendoan di Jogja

 

Pembeli yang tak mau kehabisan akan memesan terlebih dahulu, dan datang lagi jika pesanannya sudah matang. Satu lembar tempe mendoan di hargai Rp 2 ribu lima ratus. “Alhamdulilah mas, jualan selalu habis,” kata Mudin.

Tempat dagangan Mudin cukup sederhana, ia menggunakan gerobak yang diparkir di pinggir jalan.

Mendoan berasal dari kata mendo, yang berarti lembek atau setengah matang. Tempe yang dibalut adonan tepung akan dimasak dengan minyak yang banyak dan cepat sehingga tepungnya masih lembek atau belum kering. Paling nikmat menikmati mendoan selagi hangat dengan cabe rawit.

Alamat:
Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati
Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *