Kopi Ampirono Kulon Progo, Nikmatnya Berasa Ngopi di Tengah Sawah

KOPI AMPIRONO KULON PROGO, YOGYAKARTA – Selain Bantul dan Gunungkidul, kawasan di Yogyakarta yang memiliki sederet tempat wisata menarik adalah Kulon Progo. Mulai dari tempat wisata bertema alam, kuliner tradisional hingga tempat nongkrong yang kece.

Bicara tentang tempat nongkrong, di Kulon Progo terdapat kedai kopi yang sedang hits, namanya Kopi Ampirono. Tidak hanya menyajikan secangkir kopi yang nikmat, Kopi Ampirono juga menawarkan panorama alam yang menakjubkan.

Letak Kopi Ampirono berada di Jalan Raya Kaligesing, Pendoworejo, Girimulyo, Kulon Progo. Kedai kopi dibangun diatas tanah berbukit dan dikelilingi area persawahan.

Persawahan di sekitar kedai kopi didesain secara berundak atau terasering sehingga menghasilkan pemandangan yang memanjakan mata.

Apabila cuaca sedang bagus, di kejauhan akan terlihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu berdampingan dengan anggunnya. Sungguh pemandangan yang akan membuat pengunjung betah duduk berlama-lama.

 

Kopi Ampirono Kulon Progo, Nikmatnya Berasa Ngopi di Tengah Sawah
Foto: Ednik Wulandari

 

Baca juga: Flora Wisata San Terra Malang: Tiket, Panorama, Fasilitas dan Alamat

 

Berasa Ngopi di Tengah Sawah

Salah satu yang menjadi daya tarik Warung Kopi Ampirono adalah pengunjung dapat menikmati suasana khas pedesaan yang bersahaja.

Hal ini bisa terlihat dari bangunan yang dipakai menggunakan desain rumah adat Jawa, yaitu Joglo. Penggunaan bahan material kayu menjadikannya serasi dengan alam sekitar.

Dalam menikmati kopi dan menu makanan, pengunjung dapat memilih tempat duduk yang disukai, bisa di ruangan tertutup, semi terbuka, atau di outdoor dengan beratapkan langit.

Atau bisa juga lesehan di tepi sawah. Duduk beralaskan tikar, menyeruput kopi panas sambil memandang hamparan sawah sungguh suatu pengalaman yang mengesankan.

Hembusan angin yang berasal dari areal persawahan terasa sejuk di kulit. Menjadikan Kedai Ampirono cocok sebagai tempat kongkow bareng teman atau keluarga.

Nuansa keakraban tidak hanya bisa dinikmati pada saat siang saja. Pada malam hari pengunjung yang datang juga banyak. Saat malam tiba, hijaunya areal persawahan tidak dapat dinikmati pengunjung. Pemandangan akan terganti dengan kelap-kelip lampu di kejauhan.

 

Kopi Ampirono Kulon Progo, Nikmatnya Berasa Ngopi di Tengah Sawah
Foto: Rizqi Misbah

 

Daftar Harga Kopi Ampirono Kulon Progo

Kedai kopi Ampirono memiliki menu yang cukup beragam. Mulai dari kopi, jajanan hingga makanan berat. Dan paling penting, harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

Segelas kopi nikmat bisa kamu tebus hanya dengan Rp 8.000. Dan untuk makan prasmanan pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 saja.

 

MINUMAN
Teh tawar panas /dingin 2.000
Teh manis panas / dingin 3.000
Teh tubruk gula batu 5.000
Teh Kalibiru (Kembang Telang) 4.000
Kopi Menoreh Arabika 8.000
Kopi Merapi Robusta 5.000
Kopi Merapi Arabika 8.000
Kopi Klothokan 6.000
Kopi Joss 5.000
Kopi Joss Susu 7.000
JAJANAN
Pisang Goreng 5.000
Gebleg 5.000
Singkong Goreng 5.000
Tempe Mendoan 5.000
MAKANAN
Makan Sepuasnya (Prasmanan) 10.000
Mie Rebus 5.000
Mie Goreng 5.000
Bubur Ayam / Abon Sapi 6.000
Spaghetti 10.000
Telor Ceplok 3.000
Tempe Garit 2.000
Tahu Tempe Bacem 3.000
Telur Dadar 4.000
Pindang Goreng 4.000
Sambal Teri 5.000

 

Fasilitas Kopi Ampirono Kulon Progo

Untuk menunjang kenyamana pengunjung, pengelola kedai menyediakan fasilitas cukup lengkap. Seperti tempat parkir, toilet dan mushola yang nyaman.

Pada momen tertentu pengunjung akan dihibur dengan live music. Pengunjung juga dapat memanfaatkan pemandangan yang instagrammable sebagai latar belakang foto bertema alam yang menawan.

 

Kopi Ampirono Kulon Progo, Nikmatnya Berasa Ngopi di Tengah Sawah
Foto: Adeck Setiawan

 

Lokasi dan Jam Operasional

Kedai Kopi Ampirono berlokasi di Jalan Raya Kaligesing, Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Dari Kota Yogya dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan.

Kopi Ampirono buka setiap hari, mulai pukul 10.00 sampai 19.30 WIB. Khusus Sabtu dan Minggu jam buka dimulai pukul 07.00 WIB.

Jika kamu menginginkan ketenangan, sebaiknya hindari kunjungan pada akhir pekan atau saat musim liburan. Di kedua waktu tersebut kedai kopi ramai dengan pengunjung, dan tentu saja akan mengurangi kenyamanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *