Menikmati Indahnya Kebun Raya Baturaden di Purwokerto

Menikmati Indahnya Kebun Raya Baturaden di Purwokerto

Bagi yang suka dengan wisata nuansa alam, Kebun Raya Baturaden bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengisi liburan selanjutnya. Suasana alam yang asri, taman bunga yang cantik serta lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Purwokerto bisa menjadi alasan untuk datang bersama keluarga atau orang-orang terdekat.

Lokasi Kebun Raya Baturaden berada di Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturaden, Kabuoaten Banyumas, Jawa Tengah. Kebun raya ini masuk wilayah Wana Wisata Baturaden dan di dalamnya terdapat bumi perkemahan. Letak kebun raya di sebalah utara Purwokerto dengan jarak 18 kilometer.

Akses jalan menuju lokasi wisata ini mudah dilalui baik menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Area kebun raya menempati wilayah seluar 143,5 hektare yang didominasi dengan pohon pinus, damar, rasamala serta beberapa jenis pohon lainnya. Meski begitu, wilayah yang dimanfaatkan belum mencapai 5 persen dari total luas area.

Tiket masuk ke obyek wisata hanya Rp 10.000 per orang. Bagi wisatawan yang ingin rekreasi ke Pancuran Pitu dan Telaga Sunyi terdapat tiket terusan yang bisa ditebus dengan harga Rp 25.000. Lebih murah ketimbang membeli tiket terpisah.

Bagi yang suka fotografi atau selfie untuk diunggah di media sosial, pengunjung bisa memanfaatkan taman bunga yang cantik sebagai latar belakang foto. Selain taman bunga warna-warni, kebun raya juga memiliki Taman Liana yang berisi berbagai jenis tumbuhan merambat, Medical Garden yang berisi tanaman obat dan Taman Tumbuhan Paku.

Baca juga: Melihat Lukisan Alam yang Menakjubkan dari Bukit Watu Meja

Lokasi Kebun Raya Baturaden:
Jl. Pancurantujuh – Wanawisata Baturraden, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151
Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB
Tiket: Rp 10.000, terusan Pancuran Pitu dan Telaga Sunyi Rp 25.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *