Wisata Germanggis Banyumas, Murah tapi Panoramanya Maksimal

WISATA GERMANGGIS BANYUMAS, JAWA TENGAH – Mencari tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah serta memiliki spot instagramable di wilayah Banyumas, tidaklah sulit. Ada banyak pilihan, karena sebagian kawasan Banyumas berada di kaki Gunung Slamet. Gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Salah satu destinasi wisata yang sedang hits di Banyumas adalah Wisata Germanggis. Memiliki panorama yang elok dan aksesnya mudah dijangkau. Itulah kira-kira mengapa Germanggis tidak pernah sepi pengunjung, meski statusnya sebagai pendatang baru.

Konsep yang diusung Germanggis mungkin cukup biasa sebagaimana halnya tempat wisata yang mengandalkan panorama perbukitan sebagai daya tariknya. Mudah ditebak pemandangan seperti apa yang bakal wisatawan nikmati.

Meski demikian, wisata alam pegunungan tetaplah memiliki pesona meski telah berkali-kali dikunjungi, tak terkecuali Wisata Germanggis Banyumas ini. Suasana Germanggis yang ringan dan bersahabat sangat sesuai dengan selera anak muda. Wisatawan muda-mudi datang silih berganti, dengan berpasangan maupun berkelompok.

 

Wisata Germanggis Banyumas, Murah tapi Panoramanya Maksimal
Foto: Ali Munir

 

Harga tiket

Tidak harus berkantong tebal saat mengunjungi Wisata Germanggis. Cukup dengan Rp 5.000 kamu sudah bisa masuk ke dalam. Ditambah biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil. Totalnya tidak lebih dari ceban. Wow, sangat terjangkau bukan?

Ada cara untuk berhemat, yaitu dengan membawa bekal dari rumah. Nggak perlu gengsi, toh pemandangan yang dilihat akan tetap indah, tidak akan berkurang hanya karena kamu bawa makan dari rumah.

Itu kalau niatnya cuma melihat-lihat pemandangan saja Tapi kalau kamu nggak ingin terlihat miskin, apalagi bawa gebetan, ya tetep harus modal lebih.

 

BACA JUGA: Panorama Petung Sewu Mojokerto, Surga Tersembunyi di Belantara

 

Lokasi

Alamat Wisata Germanggis berada di Jalan Curug Cipendok, Dusun Manggala, Karangtengah, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah. Jarak dari kota terdekat, yaitu Purwokerto, menuju Germanggis sekitar 22 kilometer, dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam.

Meski berada di perbukitan, kondisi jalan ke arah Germanggis bagus dan mulus. Hanya saja, kendaraan berbodi kecil yang bisa melewatinya.

Selain itu, letaknya tidak terlalu jauh dari jalan utama yang menghubungkan kota-kota di Jawa Tengah, seperti Cilacap, Tegal, Purwokerto, Purbalingga, Kebumen, juga Yogyakarta.

 

Wisata Germanggis Banyumas, Murah tapi Panoramanya Maksimal
Foto: Muh Yasin

Fasilitas

Wisata Germanggis layak direkomendasikan untuk mengisi liburan keluarga. Lantaran memiliki fasilitas yang cukup bagus, sesuai dengan kebutuhan wisatawan.

Selain fasilitas primer, seperti area parkir, toilet dan mushola, terdapat pula fasilitas pendukung yang menjadi pertimbangan kenapa wisatawan lebih memilih Germanggis ketimbang tempat piknik yang lain.

Sebut saja Camp Area untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin bermalam di puncak Germanggis. Tempat kemping ini cukup luas, wisatawan bebas memilih area yang dikehendaki. Kamu yang tidak ingin repot bawa perlengkapan kemping, tenang saja, ada tenda yang bisa disewa. Dan sudah ada petugas yang memasangkan tenda. Harga sewa tenda juga murah kok, cuma Rp 50.000 untuk kapasitas 4 orang.

Kalau kamu ingin lebih nyaman, menginap saja di vila dengan biaya sewa cukup terjangkau. Pada hari senin-jumat biaya sewanya Rp 250.000, sedangkan pada akhir pekan biayanya Rp 500.000. Vila ini dilengkapi fasilitas yang lumayan memanjakan, seperti kamar mandi yang dilengkapi dengan water heater.

Oke, selanjutnya ada gerai makanan yang saya rasa menu-menunya cocok dengan lidah wisatawan. Menyajikan aneka camilan dan makanan dengan harga yang masih wajar. Ada harga paketnya juga lho untuk snack dan makanan berat. Paket snack berkisar Rp 6.000 hingga Rp 9.000, dan paket nasi kotak Rp 17.000 hingga Rp 25.000.

Sebetulnya masih banyak fasilitas yang lain, tapi kalau ditulis semua akan terlalu panjang. Sejumlah fasilitas yang sudah disebutkan sudah cukup mewakili.

 

Wisata Germanggis Banyumas, daya tarinya apa saja?

Dalam situasi pandemi saat ini, ternyata tidak menyurutkan minat wisatawan untuk menyambangi Wisata Germanggis. Khususnya para maniak jalan-jalan. Katanya sih, bagi mereka memenuhi hasrat jalan-jalan sama seperti kebutuhan makan dan minum. Hahaha.

Boleh-boleh saja, tapi selalu taat prokes ya…

Oke, kita kembali ke bahasan Wisata Germanggis. Hawa sejuk dan segar segera menyambut wisatawan begitu tiba di lokasi. Dari ketinggian Germanggis, tampak jauh di sana perbukitan yang berderet-deret, hamparan perkotaan, juga gunung-gunung. Dalam sejenak, perasaan tenang memenuhi pikiran dan memberi kedamaian dalam hati.

Saat cuaca cerah, akan terlihat dengan jelas di kejauhan puncak Gunung Dieng, Sindoro dan Sumbing.

Tidak butuh waktu lama, pengunjung akan asyik jepret sana, jepret sini, begitu menyadari alangkah eloknya panorama yang mereka saksikan. Seakan paham dengan kondisi ini, pengelola telah menyiapkan tempat untuk berfoto di tempat-tempat yang strategis. Rupa-rupa spot foto dengan desain kekinian tersebut akan menambah nilai aesthetic pada hasil jepretan kamera.

 

Wisata Germanggis Banyumas, Murah tapi Panoramanya Maksimal
Foto: Xyzan SA

 

Pada malam hari, Wisata Germanggis akan menampakkan keindahan lain yang tersembunyi. Yang terlihat bukan lagi hijaunya alam pegunungan, melainkan titik-titik cahaya yang bergerombol di tengah gulitanya malam. Itulah kesibukan kota Purwokerto pada malam hari.

Pertunjukan panorama malam hari akan semakin indah apabila sedang purnama dan kondisi langit dalam keadaan cerah.

Jadi intinya mau siang atau malam hari, Germanggis tetap menampilkan sisi daya tarik terbaiknya. Sekarang tinggal kamu, mau memilih siang atau malam, atau dua-duanya juga bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *