Wisata Alam Setigi Gresik: Wahana, Fasilitas, Tiket dan Lokasi

WISATA ALAM SETIGI GRESIK, JAWA TIMUR – Selama ini Gresik kurang dilirik oleh pelancong. Maklum,Gresik yang dikenal sebagai kota industri tidak memiliki tempat wisata unggulan. Dan tempat rekreasi yang ada pun kurang diminati wisatawan.

Kini warga Gresik bisa berbangga hati, lantaran sudah ada Wisata Alam Setigi. Tempat wisata kebanggaan Kota Gresik ini berhasil menyedot perhatian wisatawan. Bukan hanya pengunjung sekitar, namun juga pengunjung yang berasal dari dari luar kota.

Setigi menjadi primadona baru bagi pecinta wisata alam terbuka dan bagi penggila selfie.

Nama Setigi berasal dari kata Selo yang berarti batu, Tirta berarti air dan Giri berarti bukit. Sejatinya, Setigi dulunya adalah bekas tambang batu kapur.

Begitu tiba di lokasi wisata, pengunjung akan mendapati perbukitan kapur yang sangat luas. Bukit-bukit kapur menjulang tinggi. Di setiap sudut terlihat bongkahan batu yang terpotong tajam. Menawarkan pemandangan yang eksotis.

Kamu juga akan melihat lobang raksasa di dinding bukit yang menyerupai gua. Lobang tersebut merupakan bekas galian para penambang.

Gugusan perbukitan kabur panjangnya mencapai kurang lebih 3 kilometer. Di bagian perbukitan ini terdapat penambangan batu kapur yang masih aktif. Banyak warga setempat yang bekerja di tambang kapur.

Bagi yang masih asing, aktifitas penambangan kapur tersebut menjadi pemandangan tersendiri.

 

Wisata Alam Setigi Gresik: Wahana, Fasilitas, Tiket dan Lokasi
Foto: Ihsanul Fuad

 

Wisata Alam Setigi

Selain keindahan bukit, wisatawan juga dapat menikmati spot yang instagrammbale. Pengelola sengaja menyajikan spot yang indah guna menjaring lebih banyak wisatawan.

Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang rumah adat Papua, danau buatan, jembatan, dinding topeng, patung, replika benteng, candi dan lainnya.

Tak hanya itu, berbagai wahana menarik siap memanjakan wisatawan, terutama anak-anak. Bersenang-senang dengan naik perahu bebek, sepeda air atau berkeliling menggunakan ATV.

 

Baca juga: Lembang Park and Zoo Lembang: Tiket, Wahana, Fasilitas dan Lokasi

 

Wisata Alam Setigi Gresik: Wahana, Fasilitas, Tiket dan Lokasi
Foto: Ainun Asrofi

 

Fasilitas dan Tiket

Meski berstatus pendatang baru, pengelola wisata cukup serius dalam memberi pelayanan kepada traveler. Fasilitas wisata disiapkan dengan baik.

Toiletnya bersih dan area parkir yang luas. Juga tersedia gazebo dan mushola yang nyaman.

Untuk dapat menikmati keindahan bukit kapur, wisatawan tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tiket masuk dibandrol sangat terjangkau.

Untuk tiket dewasa harganya Rp 20.000, sedangkan untuk anak-anak Rp 10.000. Pengunjung akan mendapatkan snack gratis.

Namun, pembelian tiket masuk belum termasuk biaya sewa wahana permainan. Sewa perahu bebek Rp 10.000, sepeda air Rp 5.000 dan memberi makan ikan Rp 5.000.

Untuk kenyamanan berwisata, sebaiknya datang pada pagi atau sore hari. Pada siang hari panasnya sangat terik. Tidak ada salahnya juga untuk membawa payung atau topi.

 

Wisata Alam Setigi Gresik: Wahana, Fasilitas, Tiket dan Lokasi
Foto: Pungki Sri Wahyuni

 

Lokasi dan Jam Operasional

Cukup mudah untuk menjangkau lokasi Wisata Alam Setigi. Letaknya tidak terlalu jauh dari jalur Pantura. Alamatnya ada di Desa Sekapuk, Ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur.

Obyek wisata buka setiap hari, mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Khusu Sabtu-Minggu tutup hingga pukul 18.00 WIB.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *