Tumpeng Menoreh Kulon Progo: Nongkrong Asyik di Puncak Bukit

Tumpeng Menoreh: Makan-makan Sekaligus Wisata di Puncak Bukit
www.instagram.com/tumpengmenoreh

 

Salah satu tempat wisata yang sempat mencuri perhatian di masa pandemi adalah Tumpeng Menoreh Kulon Progo. Destinasi wisata yang berada di Kabupaten Kulonprogo ini memang lain daripada yang lain. Tumpeng Menoreh sejatinya merupakan resto biasa yang menghidangkan masakan khas setempat. Yang membedakan adalah pemilihan lokasi tempat resto Tumpeng Menoreh itu dibangun.

Ya, destinasi kuliner itu didirikan di puncak salah satu puncak gugusan Bukit Menoreh dimana pengunjung yang ingin menjangkaunya harus melalui rute yang tidak mudah. Bagi yang mudah mabuk perjalanan, sebaiknya urungkan niat datang ke sini. Hal menarik lainnya adalah salah satu bangunan resto berbentuk heksagonal dengan lantai dasar yang luas, semakin ke atas semakin sempit. Mirip tumpeng. Itulah mengapa resto ini dinamakan Tumpeng Menoreh.

Tentu saja daya tarik utama dari resto Menoreh terletak pada pemandangan alamnya. Dari atas bangunan tumpeng, pengunjung dengan leluasa dapat melihat panorama pegunungan ke segala penjuru. Bahkan, mereka dengan mudah dapat melihat puncak Merapi dan Sumbing. Tidak jarang kabut atau awan menyelimuti bangunan resto sehingga membuat kamu seperti sedang mengapung di angkasa.

 

Lokasi, harga tiket dan jam operasional

www.instagram.com/tumpengmenoreh

 

Lokasi: Sumbersari, Pagerharjo, Samigaluh, Ngargoretno, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga tiket: Rp 50.000 (sudah termasuk voucher makan dan minum).

Jam operasional: 24 jam.

 

Baca juga: Karang Potong Ocean View, Destinasi Wisata Baru di Cianjur

 

Rute ke Tumpeng Menoreh Kulon Progo

Tumpeng Menoreh: Makan-makan Sekaligus Wisata di Puncak Bukit
www.instagram.com/tumpengmenoreh

 

Jarak antara Tumpeng Menoreh dan Kota Yogyakarta sekitar 35 kilometer. Waktu tempuh yang diperlukan kira-kira 1 jam 9 menit. Perkiraan tersebut menurut aplikasi Google Maps.

Jalan menuju resto Menoreh paling mudah melalui Yogyakarta. Pertama-tama, arahkan kendaraan ke barat ke Jalan Godean, hingga bertemu dengan perempatan yang dengan RS PKU Muhammadiyah Nanggulan. Tiba di perempatan kemudian belok kanan ke Jalan Purboyo-Ngentak.

Ikuti jalan hingga menjumpai perempatan Dekso. Kemudian belok kiri ke Jalan Dekso-Samigaluh, terus saja sampai kamu tiba di Pasar Plono. Setelah Pasar Plono nantinya wisatawan akan menjumpai gapura Wisata Nglinggo -Tritis. Di sini ada pula petunjuk arah menuju Tumpeng Menoreh. Ikuti petunjuk tersebut hingga tiba di Kebun Teh Nglinggo. Nanti resto Menoreh ada di kiri jalan.

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya perhatikan rutenya di Google Maps dengan seksama. Hal ini bertujuan untuk memudahkan navigasi karena wisatawan akan menjumpai banyak percabangan jalan.

 

Yang menarik dari Tumpeng Menoreh

Tumpeng Menoreh: Makan-makan Sekaligus Wisata di Puncak Bukit

www.instagram.com/tumpengmenoreh

Wajar jika Tumpeng Menoreh mampu membuat penasaran traveler. Lokasinya yang tidak biasa adalah faktor utamanya. Bangunan Tumpeng Menoreh tidak dibangun di atas tanah yang rata. Melainkan benar-benar di atas puncak bukit yang ujungnya meruncing. Terdapat tiang-tiang yang berfungsi sebagai penyangga bangunan. Tumpeng Menoreh memiliki empat tingkatan, yang semakin keatas semakin sempit. Hal ini disebabkan mengikuti kontur puncak bukit yang berbentuk segitiga.

Letaknya yang benar-benar berada di ujung puncak, apabila bukit di bawahnya terselimuti kabut, bangunan Tumpeng Menoreh akan terlihat seperti mengambang di atas awan. Pada malam hari, bangunan tumpeng juga terlihat cantik dengan adanya benderang lampu yang menghiasi setiap sudut.

Resto Tumpeng Menoreh melayani pengunjung selama 24 jam. Jadi, kamu bisa singgah ke sini kapan saja. Jujur saja, yang kami suka dari resto ini adalah kapanpun kamu datang, tempat ini akan menyajikan keindahan alam yang khas. Di pagi hari, sambil menyeruput kopi, kamu bisa menyaksikan indahnya sunrise. Saat siang, kamu akan dimanjakan dengan awan yang menghampar di bawah kita. Menjelang matahari tenggelam, traveler akan disuguhi momen sunset yang mengagumkan. Nah, di malam hari pemandangannya juga tidak kalah cantik dengan siang hari. Sambil ngobrol santai dengan sahabat, kamu dapat melihat lampu-lampu perkotaan dari ketinggian Tumpeng Merbabu.

Gimana, seru kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *