Taman Wisata Kopeng, Menyuguhkan Panorama Alam Menakjubkan

Taman Wisata Kopeng menjadi primadona wisatawan lantaran memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah. Pada akhir pekan atau musim liburan, Desa Kopeng akan ramai disesaki pengunjung dari dalam dan luar kota.

Desa Kopeng sendiri terletak di lereng Gunung Merbabu, berada di ketinggian 1.700 mdpl. Bisa ditebak, desa yang letaknya setinggi itu pasti memiliki suhu yang dingin. Dan itulah salah satu keunggulan Desa Kopeng, berhawa sejuk, udara bersih dan memiliki panorama alam yang mengagumkan.

Selain itu, wisatawan juga akan mendapat pengalaman rekreasi yang menyenangkan. Terdapat beberapa wahana permainan yang menghibur, diantaranya waterpark, flying fox, ATV, paint ball dan masih banyak lagi.

 

Taman Wisata Kopeng, Menyuguhkan Panorama Alam Menakjubkan
Foto: Sur yanto

 

Lokasi dan jam operasional

Rute menuju Wisata Kopeng bisa kamu lalui lewat Jalan Raya Salatiga – Magelang, dan nanti berhenti di KM. 15. Taman Wisata Kopeng sendiri berada di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Bila wisatawan berangkat dari Kota Salatiga, jarak menuju Wisata Kopeng 18 kilometer, dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 40 menit. Atau 1 jam kalau kamu baru pertama kali lewat sini.

Dan jam operasional tempat wisata berlaku mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Tapi, khusus untuk yang ingin bermalam di sini, terbuka selama 24 jam.

Perlu dicatat ya, dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, banyak sekali objek wisata yang terdampak, tidak terkecuali Taman Wisata Kopeng. Banyak yang tutup untuk mengurangi kerumunan dan membatasi penyebaran virus corona. Untuk itu, sebelum berangkat ke Desa Kopeng, pastikan dahulu apakah tempat wisata ini buka atau tutup.

 

Harga Tiket Taman Wisata Kopeng

Menilik apa yang akan didapatkan pengunjung selama di Taman Wisata Kopeng, rasanya tidak perlu eman-eman menggelontorkan uang Rp 20.000 untuk menebus tiket masuk. Acara liburan bareng keluarga atau teman bakal tidak mengecewakan.

Namun, seandainya kamu ingin memperoleh hiburan lebih dengan mencoba beberapa wahana yang tersedia, akan ada charge di setiap permainan. Jumlahnya berbeda-beda, tergantung jenis wahananya. Berikut ini rinciannya:

 

 

Ada pengeluaran lain apabila wisatawan ingin bermalam di Desa Kopeng, yakni biaya sewa penginapan. Harga sewanya bervariasi, mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000.

 

BACA JUGA: Wisata Germanggis Banyumas, Murah tapi Panoramanya Maksimal

 

Fasilitas

Bisa dibilang fasilitas yang dimiliki Wisata Kopeng lumayan lengkap. Cukup untuk memberi kemudahan wisatawan selama rekreasi, khususnya untuk rombongan keluarga.

Terdapat area parkir yang luas, toilet, juga mushola yang nyaman digunakan. Ada pula gazebo untuk tempat istirahat, warung makan, kafe, juga toko souvenir.

Yang butuh tempat menginap ada macam-macam pilihan, diantaranya tenda camping, villa, homestay dan hotel.

 

Taman Wisata Kopeng, Menyuguhkan Panorama Alam Menakjubkan
Foto: Bachrul Ulum

 

Pesona Taman Wisata Kopeng

Banyak yang mengira daya tarik Wisata Kopeng terletak pada suasana pegunungannya yang sejuk dan mendamaikan. Tidak salah sih, tapi kurang mewakili. Karena, selain memiliki pesona alamnya, Wisata Kopeng juga menyediakan atraksi hiburan lainnya yang tidak kalah seru. Ini pula yang menjadi penyebab kenapa anak-anak begitu betah berlama-lama di sini.

Mini Waterpark. Meski tidak sebesar waterpark pada umumnya, namun keberadaan kolam permainan air di Desa Kopeng ini cukup menghibur pengunjung. Terutama anak-anak. Apalagi waterpark ini memiliki keistimewaan yaitu airnya berasal dari mata air Gunung Merbabu. Alami. Segar dan menyehatkan.

Waterpark dilengkapi dengan permainan air yang menarik, diantaranya perosotan, seluncuran spiral, air mancur dan giant water ball. Kedalamannya pun hanya 50 centimeter, bisa dibilang cukup ramah untuk anak-anak.

 

Foto: Tiga Ndra

 

Camping Ground. Disediakan buat kamu yang ingin merasakan suasana malam di alam terbuka. Meski letaknya tidak jauh dari pemukiman, sensasi pegunungan di waktu malam tetap kamu bisa dapatkan. Pepohonan yang menjulang, udara dingin menggigit, serta malam yang senyap merupakan bagian yang akan pengunjung alami selama kemping di sini.

Misal kamu tidak ingin direpotkan dengan membawa tenda, pengelola sudah menyediakan alat kemping yang lengkap. Kamu bisa menyewanya, dan pasang di area yang diinginkan.

Paint Ball. Permainan tembak-tembakan yang pernah kamu lakukan dulu sewaktu kanak-kanak, bisa kamu ulang kembali dengan bermain Paint Ball. Pastinya seru banget, memacu adrenalin karena merasa seperti sedang memburu musuh beneran. Senjata yang kamu pakai juga mirip asli.

Permainan paint ball harus dilakukan dengan berkelompok. Satu regu berisi minimal 4 orang, maksimal 10 orang.

Outbound. Anak-anak yang menyukai permainan petualangan disarankan untuk menjajal wahana outbound. Lokasinya berada di hutan pinus. Pohon pinus yang subur dan tinggi membuat peserta tetap merasa adem, dan cukup terlindung dari paparan sinar matahari.

Rupa-rupa permainan yang menantang bisa kalian coba, seperti flying fox, panjat tali, berjalan di jaring, spider jumper, trampolin dan lainnya.

Itulah review singkat tentang Taman Wisaa Kopeng yang mungkin akan berguna bila kamu memiliki rencana perjalanan ke sana. Selamat berlibur dan bersenang-senang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *