Kebun Teh Medini Kendal: Lokasi, Tiket, Rute dan Daya Tarik

Kebun Teh Medini Kendal: Lokasi, Tiket, Rute dan Daya Tarik
www.instagram.com/pesonamedini

 

Kendal mungkin bukan tujuan utama traveler, apalagi bagi mereka yang suka penasaran dengan destinasi wisata yang sedang hits atau viral. Tetapi, mengabaikan Kendal dari daftar perjalanan akan menghilangkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan Kebun Teh Medini. Ya, kebun teh yang berada di ketinggian Gunung Ungaran ini menyimpan banyak pesona yang sayang untuk dilewatkan.

Kebun Teh Medini sungguh layak dikunjungi. Letaknya berada di ketinggian 2.050 mdpl, yang berarti kebun teh ini memiliki hawa yang sejuk. Tidak hanya dingin, kalian juga akan dibuat takjub ketika permukaan kebun teh tiba-tiba menggelap diselimuti awan.

Selain melihat-lihat pemandangan teh, traveler juga dapat melakukan aktivitas camping di sini. Berkumpul bersama keluarga atau teman di sini akan memberikan pengalaman liburan yang mengesankan.

 

Lokasi, harga tiket dan jam operasional

Lokasi: Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Harga tiket: Rp 3.000.

Jam operasional: 24 jam.

 

Baca juga: Bukit Bintang Yogya, Pesona “Kota Gudeg” dari Ketinggian Bukit

 

Rute ke Kebun Teh Medini Kendal

Kebun Teh Medini Kendal: Lokasi, Tiket, Rute dan Daya Tarik
www.instagram.com/pesonamedini

 

Ada beberapa pilihan rute yang dapat mengantarkanmu ke Kebun Teh Medini. Tergantung dari mana kamu akan memulai perjalanan. Namun, pada umumnya traveler akan mengambil salah satu rute berikut: melalui Kendal, Semarang atau Ungaran.

Jika melalui Kendal, jalur yang bisa kamu lalui adalah Jalan Raya Boja-Kaliwungu ke arah selatan. Setibanya di pertigaan Polsek Boja, belok kiri ke Jalan Pemuda-Boja. Lanjutkan perjalananmu sampai kamu tiba di Jalan Raya Cangkiran-Gunungpati.

Sedangkan apabila berangkatnya dari Semarang, bisa dimulai dari UIN Walisongo ke selatan melalui Jalan Dr. Hamka. Ikuti terus jalan itu hingga menjumpai Jalan Raya Semarang-Boja. Ketika bertemu pertigaan, belok kiri ke Jalan Raya Cangkiran-Gunungpati.

Yang terakhir dari Ungaran. Jalur Ungaran juga bisa gunakan oleh kamu yang berasal dari Kota Semarang. Arahkan kendaraan ke Jalan Patimura, lalui jalan itu sampai kamu tiba di Jalan Cangkiran-Gunungpati.

Baik dari Kendal, UIN Walisongo ataupun Kendal, ketiganya akan bertemu di Jalan Raya Cangkiran-Gunungpati. Setelah itu arahkan kendaraan ke Jalan Amarta, ikuti saja jalan ini sampai tiba di lokasi Kebun Teh Medini.

Semakin mendekati kebun teh, jalan yang dilalui semakin menyempit dan kondisi jalannya kurang bagus. Berbatu dan tidak rata. Untuk itu jalankan kendaraan pelan-pelan saja. Dan pastikan juga kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima.

 

Daya pikat Kebun Teh Medini Kendal

Kebun Teh Medini Kendal: Lokasi, Tiket, Rute dan Daya Tarik
www.instagram.com/pesonamedini

 

Jadi begini, Sob. Sebelum kamu benar-benar memutuskan jalan ke Kebun Teh Medini, sebaiknya kenali dulu seperti apa tempat tujuanmu. Bukan menakut-nakuti, ini lebih ke soal perencanaan yang harus dipikirkan secara matang. Apakah piknik ke kebun teh ini cukup nyaman untuk wisata keluarga, misal dengan membawa anak-anak, atau lebih cocok untuk orang dewasa?

Oke, sekarang kita lanjut ke Kebun Teh Medini. Dalam perjalanan menuju lokasi, wisatawan akan disuguhi suasana pedesaan yang asri dan tenang. Pelankan kendaraan ketika jalan yang dilalui mulai berbatu. Kamu akan mengalami banyak goncangan saat kendaraan melaju. Jalan yang sempit dan permukaan jalan yang tidak rata akan menuntut kondisi kendaraan yang prima.Tidak perlu risau, nikmati saja setiap goncangan yang kamu rasakan. Karena ini bagian dari petualangan yang mengasyikkan.

Setibanya di area parkir, traveler akan disambut dengan sejuknya udara pegunungan. Juga hamparan tanaman teh yang sangat luas. Seketika kamu merasa rileks ketika menghirup udara segar dalam-dalam. Hal yang paling menarik tentu saja kebun teh itu sendiri. Dilihat dari kejauhan, Kebun Teh Medini bak permadani berwarna hijau tak bertepi. Jalan kecil tempat pemetik teh berlalu-lalang seperti labirin yang membelah perkebunan teh. Sesekali kabut turun menutupi permukaan teh.

Tapi, apakah cukup hanya dengan melihat dari kejauhan? Tentu tidak. Traveler dipersilahkan untuk menikmati kebun teh dari dekat. Tenggelam di antara rerimbunan pohon teh, lalu muncul di ujung yang lain. Asal dalam kondisi fit, kalian dapat menjelajah sampai puas.

Memandang indahnya pemandangan bukan satu-satunya cara menikmati Kebun Teh Medini. Ada cara lain, yaitu berkemah. Telah disediakan zona yang khusus diperuntukkan untuk mendirikan tenda. Tidak perlu repot-repot mendaki gunung yang tinggi. Karena bermalam di sini kamu sudah bisa merasakan sensasi camping di pegunungan.

Supaya lebih mengesankan, sebaiknya kamu bermalam saat musim kemarau. Di musim ini langit malam biasanya cerah, bersih dari awan. Taburan bintang di angkasa menjadi sangat jelas. Apalagi langit di kaki Gunung Ungaran cukup pekat sehingga kelap-kelip bintang menjadi sangat dominan menghiasi langit.

Pada pagi hari, traveler akan disuguhi panorama sunset yang memukau. Momen matahari terbit di Kebun Teh Medini dikenal sangat indah. Bangun sepagi mungkin dan pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan ini. Secara perlahan mentari muncul di puncak gunung dan sinarnya mulai mengusir gelap.

Itulah review Kebun Teh Medini yang berlokasi di kaki Gunung Ungaran. Sangat menarik, bukan? Jika tertarik mengunjungi, jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Selamat jalan-jalan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *