Desa Wisata Tembi Jogja: Nikmati Kenyamanan Alam yang Asri

Desa Wisata Tembi menawarkan nuansa kehidupan pedesaan yang asri. Desa wisata yang terletak di Bantul ini menjadi tempat rehat yang sempurna dari kesibukan atau hiruk pikuk perkotaan.

Desa Wisata Tembi telah ada sejak tahun 1997. Selain menyajikan panorama pedesaan, Wisata Tembi juga menghadirkan kearifan budaya lokal yang masih terpelihara dengan baik.

Hijaunya areal persawahan, udara yang sejuk serta keramahan penduduk sekitar akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Wisatawan juga dapat berpartisipasi dalam aktivitas warga sehari-hari, seperti turun ke sawah atau belajar membatik.

Selain itu, pengelola wisata menyediakan paket wisata kuliner di kawasan Manding, Tembi dan Gabusan. Berbagai kuliner tradisional khas setempat siap memanjakan lidah wisatawan.

 

Desa Wisata Tembi Jogja: Nikmati Kenyamanan Alam yang Asri
Foto: Ayuningtyas Rachmasari

 

Homestay Tembi

Desa Wisata Tembi tidak hanya menyediakan paket wisata saja, namun juga ada penginapan atau homestay.

Bangunan penginapan menyatu dengan alam sekitar. Berupa bangunan joglo atau limasan dengan kayu sebagai bahan utama. Ornamen yang memenuhi ruangan pun berbahan dasar kayu.

Homestay Tembi dilengkapi dengan ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga dan sebagainya. Juga dilengkapi fasilitas gazebo dan kolam pemandian terbuka dengan bonus pemandangan areal persawahan.

Pengunjung dapat memilih penginapan yang ber-AC atau tidak ber-AC.

Pada malam hari, wisatawan akan merasakan ketenangan khas pedesaan. Suara binatang malam, seperti kodok dan jangkrik terdengar jelas dari areal persawahan, saling bersahutan, menambah suasana malam yang sunyi makin syahdu.

Penginapan buka selama 24 jam, sehingga siap menyambut wisatawan yang datang pada jam berapapun.

 

Desa Wisata Tembi Jogja: Nikmati Kenyamanan Alam yang Asri
Foto: Homestay Tembi

 

Baca juga: Wisata Alam Setigi Gresik: Wahana, Fasilitas, Tiket dan Lokasi

 

Desa Wisata Tembi

Banyak sekali kegiatan rekreasi yang bisa kamu lakukan di kawasan Desa Wisata, selain panorama pedesaan. Pengalaman berwisata di Tembi akan menambah pengetahuan tentang budaya Jawa karena melihat dan merasakan secara langsung.

 

Kuliner

Wisatawan akan mendapatkan suguhan menu khas Tembi. Berbagai masakan tradisional yang dihidangkan tampak mengundang selera. Tersaji secara secara sederhana, namun sangat mewah di lidah.

Menu apapun yang kamu pilih, rasanya nikmat sekali. Khas masakan rumahan. Sebut saja sayur lodeh, bebek Tembi, sagon, gedang kluthuk dan masih banyak lagi.

Selain menyantap masakan, wisatawan dapat mencoba membuat kuliner khas Bantul dengan mengikuti paket wisata kuliner tradisional.

Dalam paket tersebut peserta akan diajak untuk membuat jajanan tradisional seperti kue sagon dan pisang goreng.

 

Tembi Rumah Budaya

Sebuah museum yang menyimpan informasi tentang sejarah dan budaya Jawa. Koleksi yang dimiliki Tembi Rumah Budaya cukup variatif.

Di dalamnya pengunjung dapat menyaksikan peralatan tradisional Jawa seperti keris, tombak, peralatan gamelan, dandang, tungku, bajak dan batik.

Juga terdapat foto-foto lama yang merekam aktivitas masa silam, sepeda onthel, sepeda motor jadul, poster kuno dan lainnya.

Selain memajang koleksi budaya, Tembi Rumah Budaya juga menjadi tempat penyelenggaraan pertunjukan seni dan budaya. Seperti pameran seni rupa, teater, pentas tari, musik, wayang, dan pertunjukan baca puisi.

Desa Wisata Tembi Jogja: Nikmati Kenyamanan Alam yang Asri
Foto: Arif Mursyidi

 

Wisata Keliling Desa

Menikmati suasana perkampungan Tembi yang hijau dan sejuk tidak boleh dilewatkan. Udara yang segar dipadu dengan kearifan budaya lokal menjadi daya tarik Desa Tembi.

Keindahan nuansa pedesaan inilah yang menarik wisatawan untuk menjelajah setiap sudut Desa Tembi. Untuk memfasilitasi eksplorasi tersebut, pengelola menyediakan paket wisata keliling desa.

Wisatawan berkeliling bisa menggunakan delman atau sepeda onthel. Dalam perjalanan, traveler akan menyaksikan suasana kampung yang asri dan aktivitas warga dari dekat.

Bahkan sesekali bisa menyapa penduduk lokal yang sedang bekerja di sawah atau di ladang.

 

Wisata Outbound

Untuk menyempurnakan keceriaan, cobalah mengikuti paket wisata outbound. Kegiatan outbound berupa bermain di sawah atau permainan tradisional yang mulai jarang ditemukan.

Diantaranya gobak sodor, lomba banyu mili, pegang belut di sawah, lomba teklek, tarik tambang lumpur, estafet holahop dan masih banyak yang lainnya.

 

Foto: Saiful Aziz

 

Lokasi

Desa Wisata Tembi beralamat di Jalan Parangtritis, Jl. Tembi KM 8,6, Mriyan, Timbulharjo. Sewon, Bantul, Yogyakarta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *