Wisata Curug Ciherang Bogor: Tiket Masuk, Fasilitas dan Lokasi

Wisata Curug Ciherang Bogor: Tiket Masuk, Fasilitas dan Lokasi

 

Curug Ciherang tidak hanya memiliki pesona air terjun yang aduhai, namun juga dikelilingi panorama yang menakjubkan. Bikin happy, bikin betah. Bagi yang sudah pernah kesana, bakalan kangen dengan suasananya.

Berbeda dengan kebanyakan curug di wilayah Bogor, kawasan wisata Curug Ciherang dikelola dengan serius, tertata apik dan fasilitasnya memanjakan pengunjung.

Sebut saja fasilitas kolam renang yang menjadi primadona wisatawan. Airnya jernih, sejuk dan menyegarkan. Sambil berendam, pengunjung dapat menyaksikan panorama alam dari ketinggian.

Namun, itu belum seberapa. Masih banyak spot dan wahana keren lainnya yang dapat dieksplorasi wisatawan.

 

Tiket Masuk Curug Ciherang

Memasuki kawasan wisata Curug Ciherang, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 40.000. Kelihatannya mahal, tapi uang sebesar itu sudah all in.

Selain bisa menikmati air terjun, pengunjung tidak perlu membayar lagi jika ingin menggunakan wahana yang ada. Seperti rumah pohon, jembatan gantung, kolam renang dan lainnya.

Sedangkan untuk parkir kendaraan, pengunjung akan dikenakan retribusi sebesar Rp 10.000 untuk mobil, dan Rp 5.000 untuk sepeda motor.

Baca juga: Kebun Wisata Pasirmukti Bogor: Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi

Wisata Curug Ciherang Bogor: Tiket Masuk, Fasilitas dan Lokasi

 

Fasilitas

Pengelola wisata air terjun telah menyiapkan berbagai fasilitas demi kenyamanan pengunjung. Terdapat toilet, kamar ganti, kamar bilas dan mushola.

Dan asyiknya, area kolam renang menyatu dengan bangunan restoran. Jika lapar melanda setelah bermain air, kamu tinggal melangkah sebentar ke restoran.

 

Panorama Curug Ciherang

Dari area parkir, perjalanan menuju air terjun akan dimulai. Oh iya, sebaiknya siapkan baju ganti. Siapa kamu akan tergoda untuk main basah-basahan di bawah guyuran air terjun.

Perjalanan dilakukan menggunakan angkutan yang disiapkan oleh pengelola. Angkutan ini semi terbuka mirip odong-odong.

Jalan yang dilalui sempit dan menanjak. Namun, pengunjung akan dihibur dengan pemandangan indah khas pegunungan. Angin yang sejuk dengan bebas menerpa penumpang mobil ini.

Kemudian, mobil angkutan berhenti di ujung jalan setapak. Turun dari mobil, perjalanan dilanjutkan dengan trekking. Lamanya sekitar 5 – 10 menit.

Meski kelihatannya sebentar, tapi bikin kamu ngos-ngosan. Treknya cukup terjal dan berbatu. Akan menjadi sedikit lebih licin bila turun hujan.

Dari kejauhan kamu bisa menyaksikan sebuah air terjun membelah belantara. Pemandangan seperti ini membuat semangat mengayuh langkah.

Setibanya di lokasi, tersaji pemandangan alam yang menakjubkan. Air terjun Ciherang sangat cantik sekali. Di kiri-kanan air terjun terdapat pepohonan yang menyejukkan pandangan. Juga bebatuan dengan ukuran yang besar membuat kawasan ini tampak asri dan alami.

Tinggi air terjun Ciherang kurang lebih 30 meter, yang terdiri dari 3 tingkatan. Debit airnya tidak terlalu besar sehingga aman buat wisatawan.

Di bawah air terjun yang paling rendah terbentuk kolam yang cukup lebar. Wisatawan memanfaatkannya untuk mandi, berendam atau main air. Apalagi airnya jernih dan sejuk. Bikin nyess di badan. Seugerr pol….

 

Wahana

Selain panorama yang cantik, pengunjung juga bisa menikmati wahana rekreasi yang menghibur. Diantaranya jembatan gantung dan rumah pohon.

Bagi yang suka berfoto atau selfie, ada gardu pandang yang instagramable. Di gardu pandang ini wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang hamparan alam yang indah.

Jika belum puas mandi di air terjun, ada kolam renang atau mini waterpark yang keren lho. Airnya jernih serta ada wahana seluncuran dan ember tumpah layaknya di waterpark.

Wisata Curug Ciherang Bogor: Tiket Masuk, Fasilitas dan Lokasi

 

Lokasi

Kawasan wisata air terjun Ciherang berada di Wargajaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Belum ada angkutan umum menuju ke lokasi wisata.

Kendaraan pribadi merupakan satu-satunya alat transportasi yang bisa menjangkau tempat ini, baik dengan sepeda motor maupun mobil.

Demi kelancaran di jalan, gunakan bantuan aplikasi Google Maps untuk memandu perjalanan hingga tiba di tujuan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *