Bukit Wisata Pulepayung, Indahnya Alam Perbukitan dari Ketinggian

BUKIT WISATA PULEPAYUNG, YOGYAKARTA – Bisa dibilang wisata perbukitan atau pegunungan tidak pernah sepi peminat. Betapapun seringnya wisatawan mengunjungi tempat wisata itu, mereka tidak pernah merasa bosan. Menyaksikan keindahan alam dari ketinggian bukit merupakan obat mujarab untuk menyegarkan badan sekaligus merelaksasi pikiran.

Daya pikat seperti itu pula yang coba ditawarkan Bukit Wisata Pulepayung yang berada di Kulon Progo, Yogyakarta. Meski datangnya belakangan setelah Kalibiru yang kesohor itu, Wisata Pulepayung tetap mendapat perhatian dari wisatawan. Apalagi Wisata Pulepayung memiliki wahana permainan yang lebih variatif juga spot foto kekinian yang atraktif.

Dari ketinggian Pulepayung ini, pengunjung akan mendapat suguhan pemandangan berupa hamparan perbukitan yang hijau. Juga Waduk Sermo yang jelas terlihat, ikut memberikan kesegaran pada siapa saja yang berkesempatan memandanganya.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk berangkat ke sana, ada baiknya untuk update berita terlebih dahulu. Selama diberlakukan PPKM banyak tempat wisata di Yogyakarta tidak beroperasi, termasuk Bukit Pulepayung.

 

Bukit Wisata Pulepayung, Indahnya Alam Perbukitan dari Ketinggian
Foto: Ahmad Sofwan

 

Harga Tiket

Kalian tidak perlu menyiapkan dana yang banyak, hanya jika ingin melihat-lihat pemandangan dari atas Bukit Pulepayung. Cukup dengan menebus Rp 10.000, kecantikan panorama Wisata Pulepayung sudah bisa kalian dapatkan.

Tetapi jika ingin menggunakan fasilitas spot foto, maka sebaiknya anggarkan dana sekitar Rp 10.000 – Rp 35.000 untuk setiap spotnya.

 

BACA JUGA: Taman Wisata Kopeng, Menyuguhkan Panorama Alam Menakjubkan

 

Fasilitas

Menurut saya, fasilitas yang disiapkan pengelola standar saja. Meskipun begitu, itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan primer wisatawan. Seperti area parkir, toilet dan mushola. Juga telah disediakan gazebo, spot foto instagenic, kafe serta toko oleh-oleh.

 

Lokasi dan jam operasional

Bukit Pulepayung berada di Dusun Soropati, Desa hargotirto, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Jika kamu berangkat kota Yogyakarta, kamu akan memerlukan waktu sekitar 1 jam.

Kondisi jalan menuju lokasi wisata sudah cukup baik. Bisa dilalui sepeda motor dan mobil. Tapi, pengendara diminta tetap berhati-hati bagaimanapun jalan perbukitan berbeda dengan jalan perkotaan.

Sedangkan untuk jam operasionalnya, berlaku mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Kecuali untuk Cafe Pulepayung yang tetap buka hingga malam hari.

 

Bukit Wisata Pulepayung, Indahnya Alam Perbukitan dari Ketinggian
Foto: Jalan Jalan Kulon Progo

 

Yang menarik dari Bukit Wisata Pulepayung

Keindahan tempat Wisata Pulepuyeng menjadi jaminan wisatawan bakal mendapatkan pengalaman rekreasi yang menyenangkan. Lingkungannya yang tenang, berhawa sejuk, serta alamnya yang serba hijau tampaknya cocok sekali dijadikan tempat menyepi di akhir pekan.

Kenyamanannya akan semakin lengkap jika kalian mampir ke Cafe Pulepayung, duduk santai sambil menyesap kopi sembari memandang bentang alam nun jauh di sana. Kafe yang lebih populer dengan nama Cafe Angkasa ini berada di ketinggian yang pas menghadap ke Waduk Sermo. Sesuai dengan namanya, kafe ini seperti mengapung di angkasa yang memungkinkan pengunjung dengan leluasa melihat pemandangan yang ada di depannya.

Wisatawan yang ingin mengabadikan pesona Pulepayung, telah disediakan spot foto dengan desain menarik. Tempat foto ini akan menambah nilai estetika terhadap hasil jepretan kamera. Jenisnya beragam dan menghibur, seperti sky bike, kursi langit, jembatan surga, spot lolipon dan masih banyak lagi.

 

Bukit Wisata Pulepayung, Indahnya Alam Perbukitan dari Ketinggian
Foto: Ratno Tegar

Nah, bagaimana Teman Jalan? sangat menarik bukan. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *