Segarnya Dawet Ayu Banjarnegara, Pengusir Haus Paling Manjur

Segarnya Dawet Ayu Banjarnegara, Pengusir Haus Paling Manjur

Bila sedang jalan-jalan ke Banjarnegara, tidak ada kuliner yang lebih ikonik selain Dawet Ayu Banjarnegara. Mulai dari kampung hingga kota, minuman yang segar ini mudah sekali kamu jumpai. Di pasar-pasar tradisional selalu ada pedagang yang menjajakan dawet ayu.

Paling nikmat dawet ayu diminum saat cuaca sedang terik. Minuman ini memiliki ciri khas gula yang pekat dan santan yang kental. Untuk gula terbuat dari gula jawa atau gula aren. Untuk menambah aroma wangi gula dawet ayu biasanya dicampur dengan nangka atau durian. Segarnya terasa sempurna jika disajikan dalam keadaan dingin.

Untuk menjajakan dawet ayu biasanya pedagang menggunakan gerobak dorong atau pikulan. Gerobak dorong digunakan untuk jualan keliling sedangkan pikulan untuk yang mangkal. Bila diperhatikan, penjual biasanya memasang gambar tokoh pewayangan Semar dan Gareng. Konon, Semar dan Gareng merupakan simbol yang jika digabung menjadi ‘mareng’. Dalam bahasa setempat, mareng berarti kemarau. Mungkin ini semacam doa dari penjual dawet ayu agar setiap hari cuacanya tetap panas dan tidak ada hujan.

Banyaknya kedai dawet ayu di Banjarnegara ini mungkin membuat kamu bingung jika ingin menikmati es dawet yang enaknya melegenda. Datang saja ke warung Dawet Ayu Hj. Munarjo yang terletak di depan terminal lama Banjarnegara. Lokasinya yang tak tauh dari alun-alun kota ini cukupmudah dijangkau.

Segelas es dawet bikinan Hj. Munarjo ini akan menjawab rasa penasaran akan segarnya dawet ayu yang otentik. Dawet Ayu Hj. Munarjo termasuk dawet ayu paling tua di Banjarnegara. Biasanya pelanggan yang datang sekaligus untuk nostalgia. Cocok juga untuk menjamu tamu sambil memperkenalkan dawet ayu yang asli di Banjarnegara.

Baca juga: Soto Sutri Sokaraja, Legenda Kelezatan Soto Sokaraja

Alamat Dawet Ayu Hj. Munarjo:
Jl. M.T. Haryono No.12-22, Krandegan, Banjarnegara, Jawa Tengah 53474
Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telp. (0286) 592165

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *